Sports

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Random Posts

Recent comments

Random Posts

Most Popular

CONTOH BLOG

Selamat Datang Di Penuliskaligrafi.com

Merupakan sebuah website resmi yang dibangun untuk memberikan wawasan di dunia seni kaligrafi. Melalui website ini anda juga bisa menggunakan layanan jasa kami

Pages

Name*


Message*

Kamis, 01 Agustus 2024

Desain Dekorasi Kubah Motif Awan di Masjid Daarul Muttaqin Pantai Cermin

- Tidak ada komentar
Desain dekorasi kubah masjid merupakan salah satu elemen seni yang ikonik dalam bangunan masjid. Selain sebagai simbol kemegahan, kubah juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Salah satu aspek penting dari kubah masjid adalah plafonnya yang sering dihiasi dengan berbagai motif yang memukau. Pembuatan desain pada media kubah masjid di bagian dalam biasanya berupa lukisan, perpaduan kaligrafi dan ornamen yang bersifat formal dan tertata rapi dengan pola-pola motif yang simetris. Bentuk motif yang ada di area dalam kubah menjadi elemen utama yang mampu menciptakan nuansa baru sehingga menjadi daya tarik bagi yang melihatnya.

Ada beberapa jenis motif dekorasi kubah antara lain, motif asmaul husna, kaligrafi ornamen, full ornamen, dan lukis awan. Seperti desain motip pada kubah bagian dalam di Masjid Daarul Muttaqin Pantai Cermin yang telah kami selesaikan 2023 lalu dengan luas kurang lebih 144 meter.



Desain kubah motif awan merupakan salah satu jenis desain yang sering digunakan untuk dekorasi kubah pada area dalam. Desain ini merupakan motif lukisan naturalisme alam yang berbentuk awan cerah. Desain lukisan awan ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada kubah masjid yang cukup luas dan tinggi seperti di Masjid Daarul Muttaqin Pantai Cermin di atas.